Indonesia terkenal dengan makanan pedasnya. Berikut ini adalah sajian pedas khas nusantara yang endeus banget!

Membicarakan kuliner khas Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai rempah-rempah dan bahan makanan yang beragam membuat makanan nusantara begitu beragam. Mulai dari makanan tradisional hingga kuliner milenial selalu menawarkan cita rasa yang unik mulai dari manis, asam, gurih, hingga pedas.

Rasa pedas melekat dengan santapan khas Indonesia. Masyarakatnya gemar mengonsumsi sajian dengan cita rasa yang menantang ini. Mau tahu makanan pedas khas nusantara? Baca sampai habis, ya.

1/ Seblak

Seblak adalah jajanan khas Sunda. Makanan ini begitu hits di kalangan anak muda dengan cita rasa yang pedas. Seblak terbuat dari kerupuk mentah dan campuran lain seperti bakso, macaroni, sosis, dan sebagainya. Umumnya, kita bisa memilih topping dan level kepedasan saat membelinya di pedagang seblak. JIka ENDEUSiast ingin membuatnya sendiri di rumah, Endeus.tv punya resep seblak ceker yang bisa ENDEUSiast coba.

2/ Penyetan

Makanan berat ini sangat terkenal dan sering dijumpai. ENDEUSiast bisa menemukan makanan pedas ini hampir di setiap kota di Indonesia. ENDEUSiast bisa memilih jenis sambal yang ENDEUSiast inginkan. Umumnya, pedagang menyediakan sambal terasi, sambal bawang, dan sambal tomat. Pilihan lauknya pun sangat beragam ada ayam, telur, ikan, tempe, dan tahu. Terkadang, kita juga bisa memesan kol atau terong goreng sebagai pelengkap.

3/ Rujak

Camilan ini enak banget. Nikmatnya bumbu kacang yang pedas adalah daya tariknya. Rujak ini juga memiliki banyak jenis seperti rujak buah yang bisa ENDEUSiast lihat resepnya di sini . Selain rujak buah, ada juga rujak cingur khas Surabaya. Rujak ini memiliki bahan dasar cingur (hidung sapi) yang direbus. Cingur disajikan dengan tambahan tahu dan tempe goreng, taoge, bengkoang, mentimun, atau mangga kemudian disiram dengan bumbu rujak.

4/ Ayam Betutu

Ayam betutu adalah kuliner khas Pulau Bali. Awalnya, menu ini berasal dari Gilimanuk, Bali. Namun, ayam betutu kini sangat populer di seluruh Pulau Dewata. Makanan ini terbuat dari bumbu cabai merah, bawang merah dan bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, dan rempah lainnya. Biasanya, makanan ini disajikan dengan sambal matah yang membuat rasanya semakin pedas. Cek resep ayam betutu dari Endeus.tv di sini .

5/ Oseng-Oseng Mercon

Makanan ini dinamai demikian karena saat kita menyantapnya, lidah dan perut kita akan terasa seperti meledak karena rasa pedas. Bisa dibayangi ya betapa pedasnya makanan ini. Makanan ini akan banyak ENDEUSiast temui di Yogyakarta terutama saat hari sudah petang. Awalnya, makanan ini terbuat dari sisa daging sapi yang tidak digunakan untuk memasak. Namun sekarang, ENDEUSiast bisa menemukan oseng-oseng mercon yang terbuat dari ayam, kambing, dan sebagainya. ENDEUSiast bisa melihat resepnya di sini .

Dari semua makanan pedas di atas, mana favoritmu?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.