Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Makanan Asia memang didominasi dengan nasi sebagai karbohidrat utama. Berikut ini beberapa makanan Asia yang berbahan dasar nasi.

Nasi memang tidak bisa dipisahkan dari makanan Asia. Hampir semua negara di Asia mengkonsumsi nasi sebagai bahan makanan pokok. Meskipun ada juga beberapa olahan karbohidrat lainnya, namun nasi tetap menjadi salah satu yang utama. Sehingga tidak heran bisa banyak sekali makanan dengan bahan dasar nasi. Berikut ini beberapa makanan Asia dnegan bahan dasar nasi.

1/ Onigiri

Onigiri adalah salah satu makanan khas Jepang yang berbahan dasar nasi. Makanan yang satu ini sangat mudah dibuat karena bahan dasarnya nasi dan beberapa bumbu seperti garam. Setelah nasi dibumbui, nasi kemudian dibentuk menjadi segitiga dan bagian luarnya dibungkus dnegan rumput laut kering. Onogiri ini biasanya digunakan untuk bekal makan siang atau bento karena proses pembuatannya mudah.

2/ Briyani

Di India ada salah satu makanan dengan bahan dasar nasi yang populer yaitu biryani. Makanan yang satu ini terbuat dari beras yang disebut dengan beras basmati. Beras ini mempunyai bentuk yang berbeda dengan beras di Indonesia karena bentuknya yang lebih panjang, lebih besar, dan lebih putih.

Nasi briyani ini dimasak dengan bumbu-bumbu khas India dan biasa disajikan dengan daging ayam, kambing, atau ikan yang juga dimasak sekaligus bersama nasinya.

3/ Nasi Kebuli

Sekilas nasi kebuli ini memang terlihat mirip dengan nasi briyani. Namun nasi kebuli ini berasal dari hidangan Timur Tengah atau Arab. Di Indonesia sendiri nasi kebuli juga termasuk populer. Nasi kebuli ini dimasak dengan rempah-rempah, susu, kaldu kambing, dan juga minyak samin. Kemudian nasi kebuli disajikan dengan lauk daging kambing dan taburan kismis.

4/ Bringhe

Filipina juga mempunyai salah satu olahan nasi yang hampir mirip dengan nasi kuning yang ada di Indonesia yaitu bringhe. Makanan yang satu ini juga dimasak dengan rempah-rempah termasuk kunyit agar warnanya kuning.

Kemudian nasi dimasak dengan santan dan campuran bahan-bahan lain seperti daging, bawang Bombay, dan kacang polong. Bringhe ini disajikan dengan lauk pauk yang langsung disajikan bersama nasinya.

5/ Nasi Hainan

Nasi Hainan atau Hainan Jifan adalah salah satu makanan berbahan nasi yang sering ditemui di Singapura dan Malaysia. Makanan yang satu ini adalah salah satu makanan otentik dari Cina. Nasi Hainan juga banyak disebut sebagai Chinese chicken rice ini dibuat dari beras yang dimasak dengan kaldu dan ayam hingga matang. Kemudian disajikan secara dengan sayuran dan juga saus pedas.

6/ Khao Phat

Khao phat ini adalah nasi gorengnya orang Thailand. Dalam bahasa Thailand Khao adalah nasi dan phat adalah menumis. Bumbu yang digunakan untuk membuat khao phat ini tidak jauh berbeda dengan nasi goreng yang ada di Indonesia namun dengan tambahan kecap ikan. Selain itu, beras yang digunakan juga berbeda yaitu jenis beras berukuran kecil atau beras melati.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.