Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Kreasi olahan dari nasi ala Korea ini merupakan salah satu sajian alternatif agar anak-anak nggak bosen untuk makan nasi.

Terkadang, makanan berupa nasi kurang disukai oleh anak-anak. Padahal, nasi sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu juga baik untuk masa pertumbuhan mereka.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita sebagai orang tua dapat membuat makanan dengan bahan nasi agar lebih menarik lagi dengan mengadopsi cara orang Korea. Kebanyakan masakan mereka rasanya nikmat, menyehatkan, dan bentuknya sangat memanjakan mata.

Dalam hal ini kita juga belajar bahwa tidak hanya masalah rasa saja yang perlu ditonjolkan. Melainkan, tampilan yang menarik juga sangat dibutuhkan agar anak-anak mau memakannya.

Berikut ini beberapa contoh makanan dari nasi yang diolah ala masyarakat Korea. Tentunya kita juga bisa mencobanya di rumah karena prosesnya sangat mudah dan praktis. Selain itu bahan digunakan pun sangat beragam, sehingga dapat menjadi penyeimbang gizi dalam tubuh.

1. Kimbap

Makanan ini sangat populer di Korea dan sangat cocok untuk dijadikan bekal sekolah maupun piknik. Kimbab sering disebut juga dengan gimbap , yang merupakan nasi gulung khas negara Korea. Biasanya berisikan potongan wortel, irisan telur dadar, daging sapi, acar lobak kuning, dan bayam.

kita juga bisa mengganti isiannya sesuai selera seperti menambahkan beberapa sayuran. Sehingga, tak heran jika bentuk dan rasanya kimbap menjadi menu favorit di berbagai kalangan.

2. Jumeokbab salmon / salmon rice ball

Olahan berikutnya yaitu nasi kepal asli Korea. Berbeda dengan kebanyakan nasi kepal yang sering kita lihat. Jumeokbab ini memiliki bentuk yang cenderung bulat pipih daripada nasi kepal yang berbentuk bulat penuh. Selain itu, kata jumeokbap ini juga sering disebut dengan rice ball karena bentuknya yang bulat.

Untuk membuat rasanya tambah gurih, kita bisa menambahkannya dengan taburan rumput laut kering di atasnya. Isiannya pun juga dapat diganti sesuai selera seperti tuna maupun mayonais. kita dapat mencoba resep baru Salmon Rice Ball ini di rumah. Setelah siap, nasi kepal ini dapat disantap secara langsung untuk pengganjal perut maupun sebagai bekal.

3. Danhobakbap

Merupakan salah satu hidangan makanan yang dibuat menggunakan labu kuning. Menariknya, nasi yang sudah hampir matang dimasukkan ke dalam sebuah labu yang telah dibersihkan dalamnya. Setelah itu diisi menggunakan berbagai campuran bahan kacang-kacangan. Kemudian dikukus maupun direbus sampai matang.

4. Bokkeumbap / nasi goreng

Di Indonesia, bokkeumbap sering disebut dengan istilah nasi goreng. Sebab, tampilannya sangat mirip dan bahan-bahan yang digunakan pun juga sama. Antara lain yaitu nasi yang digoreng dicampur dengan sayur, daging, maupun kimchi. Agar lebih menarik, tambahkan telur ceplok di atasnya sebagai topping.

5. Gogumabap

Berasal dari kata goguma yang berarti ubi jalar dan bap yang berarti nasi. Jadi dengan kata lain, gogumabap merupakan nasi ubi jalar. Sesuai namanya, proses pembuatannya sendiri menggunakan ubi jalar yang dimasak bersama dengan beras. Setelah matang, sajikan bersama saus kecap asin yang telah dibumbui.

Itulah beberapa ide hidangan olahan nasi dari Negeri Ginseng ini sebagai menu variatif untuk anak-anak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya