Di Jakarta ada tempat makan es krim legendaris. Tempat-tempat tersebut pas banget buat kita kembali bernostalgia ke beberapa tahun lalu.

Bagi yang tinggal di Jakarta, kalian sudah tau belum kalau ternyata di Ibu Kota tercinta terdapat penjual es krim legendaris? Menikmati es krim bisa mengobati dehidrasi akibat teriknya matahari. Kalau sedang musimnya, panas di Jakarta bisa sangat terik.

Cuaca yang sedang terik, menikmati es emang nggak ada yang ngalahin nikmatnya. Tapi yang lebih seru lagi adalah bisa menikmati es krim sekaligus juga bisa kembali nostalgia ketika waktu kecil dulu. Kenapa? Karena tempat-tempat kedai es krim berikut ini, sudah hadir sejak lama sekali. Bisa jadi kita sempat mengunjunginya sewaktu kecil dulu.

Untuk mengobati rasa kangen ketika masih kecil menikmati sajian es krim, kami akan membawamu kembali bernostalgia ke 5 kedai es krim legendaris di Jakarta. Penasaran apa aja? Langsung saja simak selengkapnya.

1. Ragusa

Untuk warga Jakarta pasti udah nggak asing lagi dengan kedai es krim yang satu ini. Namanya adalah Ragusa yang menawarkan berbagai menu es krim Italia. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1932, bisa dikatakan juga bahwa toko es krim ini merupakan yang tertua di Jakarta.

Didirikan oleh dua orang yang berasal dari Italia; Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa, bertempat di Jalan Veteran I No 20, Jakarta. Menu andalan yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kedai es krim ini adalah es krim spaghetti, tutti frutti, dan banana split.

Untuk kamu yang ingin coba pengalaman baru, kamu harus coba es krim spaghetti. Adalah es krim yang dibentuk seperti spaghetti yang biasa kita temui.

2. Tropik

Tempatnya ada di Pasar Baru, letaknya masuk ke gang sempit. Meskipun ini adalah restoran, tapi menu andalan mereka ada di es krimnya. Yang buat beda dari es krim lainnya adalah mereka membuat sendiri di restorannya langsung.

Restoran ini sudah mulai berdiri sejak tahun 1950an, masih sering dikunjungi oleh para pengunjung-pengunjung yang sudah tua demi memunculkan kembali memori di waktu lalu.

3. Tjan Njan

Ada yang memberitakan kalau tempat ini menjadi favoritnya Bung Karno. Bahkan, nggak jarang tempat ini diminta untuk menjajakan es krim untuk sajian kenegaraan atau sekadar santap bersama keluarga.

Es krim ini sempat berganti nama menjadi Tjanang karena anjuran pemerintah untuk mengganti nama yang berbau tionghoa. Wajib dicoba adalah es krim kopyor dan duriannya.

4. Baltic

Juga sudah berdiri sejak lama, es krim Baltic menjual berbagai es krim tanpa bahan pengawet. Dibuatnya pun ala rumahan alias home made. Kedai es krim yang telah beroperasi sejak tahun 1939 ini berlokasi di Jalan Kramat Raya No 12.

Untuk varian rasa juga cukup beragam, sebut saja cokelat, stroberi, vanila. Bahkan untuk tetap keep up dengan masa sekarang, mereka juga menyediakan rasa yang kekinian seperti green tea dan buah-buahan.

5. Es Teler Sari Mulya

Kalau yang ini bukan tempat makan es krim, melainkan es teler. Sama-sama bisa mengusir dahaga karena panasnya matahari. Berlokasi di kawasan Metropole, Cikini, kamu bisa menemukan es teler yang endeus di sini.

Sudah menjajakan es teler sejak tahun 1960an, digadangkan Es Teler Sari Mulya merupakan penjual es teler pertama di Indonesia. Sebelum nonton bioskop yang bertempatan dalam satu kawasan ini, kamu bisa menikmati satu porsi es teler yang endeus banget.

Nah, itu tadi 5 tempat es krim legendaris di Jakarta yang siap membawamu kembali bernostalgia ke zaman dulu sewaktu kecil.

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.