Kira-kira, jenis rambutan apa yang menjadi favorit kamu?

"

Bulan Februari menjadi puncak masa panen buah rambutan. Tak heran, belakangan ini buah rambutan sudah mulai tersusun apik di pasar tradisional, supermarket, hingga pedagang buah yang menggunakan gerobak.

Pada musim panen seperti ini, jenis rambutan yang bisa kita jumpai lebih beragam. Ada rambutan dengan warna merah ranum hingga rambutan dengan warna kehijauan atau kekuningan.

Setiap jenisnya memiliki karakter tekstur yang berbeda dengan jenis lainnya. Simak beberapa penjelasan singkat perbedaan jenis-jenis rambutan untuk membantu kamu menentukan pilihan saat berbelanja.

1/ Rambutan Rapiah

Dari segi ukuran, rambutan rapiah menjadi rambutan paling kecil dibanding dengan jenis rambutan lainnya. Ciri lainnya dari rambutan rapiah adalah bentuknya membulat, rambutnya yang pendek, jarang, kasar, dan dengan kulit berwarna kehijauan atau kekuningan. Daging buahnya tebal, kenyal, kering, dan mengelupas sempurna dari biji buahnya.

2/ Rambutan Aceh

Masyarakat Betawi mengenal rambutan Aceh dengan nama rambutan Aceh pelat atau rambutan pelat. Penampilannya mirip dengan rambutan rapiah, yang membedakan rambutan Aceh memiliki garis pada permukaan kulit yang membelah bagian tengah buahnya. Daging buahnya tipis, agak kering, dan terasa renyah saat digigit.

3/ Rambutan Binjai

Bentuk rambutan binjai agak lonjong dengan kulit buah berwarna merah cerah hingga merah tua. Selain itu rambutan binjai memiliki rambut buah yang panjang dan jarang, dengan warna kehijauan di ujung rambutnya. Rasa buahnya manis, sedikit berair, daging buahnya cukup tebal, kenyal, dan mudah mengelotok dari bijinya.

By Dok. Khasiat.co.id

4/ Rambutan Si Nyonya

Tampilannya yang cantik dengan warna merah merona membuat rambutan ini disebut sebagai rambutan si nyonya. Bentuknya agak lonjong dengan rambut yang halus dan lebat. Meski tampilannya berwarna merah, rambutan ini memiliki rasa yang cenderung asam. Kadar airnya cukup tinggi sehingga membuat daging buahnya cenderung lembek dan daging buahnya juga tidak mengelotok.

By Dok. Infobuah.com

5/ Rambutan Kalimantan

Di daerah asalnya, Kalimantan, rambutan ini dikenal dengan nama buah maritam. Buah ini memiliki tampilan yang paling berbeda dengan rambutan jenis lainnya karena tidak memiliki rambut pada kulit buahnya, malah cenderung seperti duri dipermukaannya. Warnanya merah gelap hingga merah keunguan dengan bentuk buah yang agak lonjong. Rasa buahnya manis dengan sedikit sentuhan asam, daging buahnya tebal, dan mudah mengelotok dari bijinya

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.