Kopi adalah salah satu minuman universal dengan sejuta variasi, termasuk 5 variasi berikut ini. ENDEUSiast sudah pernah coba?

Bagi sebagian orang, kopi adalah salah satu minuman yang wajib dikonsumsi setiap hari. Bahkan ada ungkapan ‘coffee first before anything else’ yang artinya kopi dahulu sebelum melakukan aktivitas lain. Setiap orang mempunyai sajian kopi favorit, ada yang disajikan dengan sederhana dan ada yang disajikan dengan alat maupun teknik rumit. Beberapa sajian kopi terkenal dan biasa disajikan di kafe antara lain latte , cappuccino , espresso, dan sebagainya. Berikut ini adalah sajian kopi yang masih langka dan tidak banyak disajikan di kafe.

1/ Ice Coffee Float

Sajian minuman float biasanya menggunakan soda. Namun ENDEUSiast bisa menggantinya dengan kopi untuk sensasi creamy yang lezat. Untuk sajian ice coffee float ini, ENDEUSiast bisa mencampurkan kopi yang diseduh dengan cokelat bubuk dan diblender dengan es krim vanilla. Tuang kopi ke dalam gelas kemudian tambahkan satu scoop es krim vanilla di atasnya.

2/ Kopi Mentega

Sajian kopi dengan mentega ataupun minyak kelapa memang bukan kombinasi yang umum. Sajian kopi dengan mentega ini dikenal juga dengan nama Bulletproof Coffee dengan kadar kalori mencapai hampir 500 kalori. Mentega yang digunakan adalah mentega tawar, bukan margarin. Mentega tawar ini mengandung asam lemak yang bisa membuat ENDEUSiast merasa kenyang lebih lama serta bisa membantu mengikis lemak dalam tubuh apabila diseduh tanpa gula. Meskipun begitu, sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi ini terlalu sering karena kandungan lemak jenuhnya.

3/ Kopi Kayu Manis

Kopi dengan kayu manis adalah salah satu sajian kopi yang berasal dari Meksiko. Dikenal sebagai café de olla, kopi ini termasuk yang sangat mudah dibuat. Cara membuat kopi kayu manis ini juga sangat mudah, yaitu dengan merebus air dengan ditambah brown sugar atau gula palem dan batang kayu manis. ENDEUSiast juga bisa mencampurkan cengkeh bila suka. Kemudian campurkan kopi dan aduk hingga rata. Sajikan kopi pada cangkir atau gelas yang terbuat dari tanah liat.

4/ Kopi Santan

Sebagian besar orang mencampur kopi dengan susu. Namun racikan kopi dengan santan ternyata juga tidak kalah sedap. Untuk membuat sajian ini, ENDEUSiast bisa merebus santan dengan kopi hingga mendidih. Tambahkan gula sesuai selera dan saring terlebih dahulu sebelum disajikan. Pastikan untuk merebus santan dengan hati-hati agar tidak pecah.

5/ Es Kopi Air Kelapa

Perpaduan kopi dengan air kelapa memang bukanlah hal yang umum. ENDEUSiast bisa menyeduh kopi dengan air dingin atau menggunakan metode cold brew dan diamkan selama 12-24 jam di kulkas. Kemudian saring kopi dan sajikan dengan air kelapa dan es batu agar terasa lebih segar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.