Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ternyata ada fakta lain soal sayur yang sedang viral ini

"

Sayur yang menjadi bagian lagu band asal tanah batak Punxgoaran ini sempat viral karena anak perempuan menyanyikannya di sosial media. Bahkan sempat membuat telinga pecinta hewan panas dan berseteru dengan salah satu penulis karena artikelnya. Ayo berhenti sejenak dan tenangkan diri sambil baca 5 fakta sayur kol.

1. Bahasa Belanda

Kol itu bahasa Belanda, nama Indonesianya adalah kubis. Sayur ini diduga dibawa oleh penjajah Belanda pada sekitar abad 17-18. Sengaja dibawa untuk ditanam sebagai persediaan makanan tentara dan penjelajah supaya tidak homesick. Kubis dibawa bersamaan dengan sayuran wortel, buncis, kacang kapri yang ternyata dikenal dalam bahasa Belanda.

2. Sayur untuk Bakso Kuah

Generasi 90an pasti pernah dengar lagu Abang Tukang Bakso ciptaan Mamo Agil , dipopulerkan oleh Melissa . Penggalan liriknya “ tidak pakai saos, tidak pakai sambel, juga tidak pakai kol …”, menunjukkan kol jadi pendamping bakso kuah. Sementara sekarang bakso lebih sering disajikan dengan sayur sawi hijau ketimbang kubis.

3. Ada di Film

Dalam film Charlie and the Chocolate Factory, dibintangi Jhonny Depp sebagai pemilik pabrik cokelat eksentrik Willy Wonka. Mengisahkan tentang Charlie Bucket, anak miskin yang beruntung mendapat tiket emas berkunjung ke pabrik cokelat. Dalam filmnya ia sekeluarga selalu makan sup kubis yang ditanam di halaman rumahnya. Bahkan saat ia sudah mendapat partnership bersama Willy Wonka, ia tetap menikmati sup kubis buatan ibunya bersama keluarganya. Ia tetap menjalani hidup bersahaja walau sudah kaya raya.

4. Ada 3 Jenis Utama

Ada tiga jenis kubis yang populer di pasaran, pertama kol putih atau kol kepala. Kol ini paling banyak kita temui di pasar. Berikutnya kol ungu, saat dimasak cenderung bisa melunturkan warnanya ke masakan lain. Biasanya menjadi bahan pewarna makanan ungu atau warna biru muda bila dicampur rasa asam. Yang terakhir adalah kol savoy, kol ini lebih mirip sawi hijau, berbentuk bulat, dan permukaan daun bergelombang. Ketiganya hanya bisa tumbuh di tanah dataran tinggi dengan air tidak terlalu banyak.

5. Nutrisi Tinggi

Kubis mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti Mangan, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin K, Potassium, Kalsium, dan masih banyak lagi. Karena seratnya tinggi dan kalorinya rendah menjadi sayur favorit untuk program diet.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.