Dessert nggak selalu identik dengan cokelat dan es krim. Yang legit pun patut dicoba

Siapa bilang Indonesia punya cuma hidangan utama yang enak-enak aja? Negeri kita tercinta ini juga punya hidangan penutup yang nggak kalah enak dari makanan utamanya loh.

Meski terkesan tradisional, tapi makanan yang akan kita bahas adalah makanan terbaik yang kita punya. Bisa jadi karena dicap sebagai kuliner tradisional, ada yang belum pernah kita coba.

Hidangan penutup itu harus yang manis. Bukan tanpa alasan mengapa dessert harus manis. Selain itu seperti namanya juga mengapa disebut sebagai hidangan penutup. Semuanya bisa dilihat di artikel Endeus yang ini .

Sekarang, mari kita bahas hidangan penutup khas Indonesia yang bisa jadi kita belum pernah mencobanya.

1. Martabak manis

Kalo yang satu ini pasti kita pernah mencobanya. Cokelat, keju, kacang, dan wijen adalah isi wajib dari satu porsi martabak manis. Bisa dikombinasikan isinya sesuai dengan selera kita.

Penjualnya juga udah cukup banyak bisa ditemui di berbagai daerah. Bisa jadi di tiap jalan ada yang jual martabak manis. Kreasinya juga nggak mentok di situ-situ aja. Karena sekarang kreasi martabak udah mulai mengikuti zaman dengan menambahkan cokelat kekinian hingga ada yang menawarkan red velvet.

2. Klepon

Klepon merupakan salah satu camilan yang pas disajikan sebagai makanan penutup. Terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diisi dengan gula jawa, cocok sebagai penutup di sesi makan kita.

Meski termasuk salah satu jajanan pasar, kue kenyal berwarna hijau yang satu ini nggak ada salahnya disajikan setelah hidangan utama keluar.

3. Gemblong

Setelah selesai dengan hidangan utama, menikmati gemblong sambil menyeruput teh hangat enak banget. Momen ngobrol bersama keluarga dan orang-orang tersayang sambil menikmati hidangan penutup itu nggak ada yang ngalahin deh.

Gemblong dibuat dari ketan beras putih yang sudah diuleni, dibuat dan dibentuk menjadi seperti bola lonjong, digoreng, setelah dingin dilapisi dengan gula aren yang memberikan rasa manis.

4. Kue cucur

Siapa sangka ternyata kue cucur ini nggak hanya berasal dari Indonesia, melainkan bisa juga ditemukan di Malaysia, Vietnam dan Thailand. Setelah menikmati hidangan utama di meja makan, kemudian disajikan kue cucur sebagai penutupnya merupakan kombinasi yang pas untuk bisa meninggalkan rasa manis di mulut.

5. Kue lapis

Kue kenyal, dengan rasa manis ini dijamin semua orang akan suka. Disebut kue lapis karena dibuat dari berbagai lapis. Bahkan kita bisa menikmatinya lapis demi lapis loh.

Kue yang juga termasuk sebagai jajanan pasar ini, meski dijadikan sebagai dessert nggak ada salahnya. Toh masih tetap enak disantap bareng-bareng di atas meja makan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.