Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Cara memasak menentukan hasil sajian. Bila terburu-buru, kadang kita melakukan kesalahan yang membuat hidangan kacau dan malah memperlambat proses

Memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan jika dilakukan disaat waktu luang, tentu hal ini membuat perasaan kita bahagia. Namun bila dilakukan saat waktunya serba mepet, maka kegiatan ini bisa menjadi bencana dan menyebalkan. Keadaannya berubah ketika semuanya terburu-buru, kita akan jadi panik secara otomatis. Apalagi jika hasilnya tidak sesuai keinginan.

Nah, mungkin cara memasakmu ada yang salah. Ternyata tidak semua yang kita anggap cepat baik untuk hasil akhir masakan. Kesalahan di bawah ini justru membuat masakan jadi gagal. Simak yuk!

1/ Menggunakan Terlalu Banyak Alat

Ketika memasak, orang cenderung akan memanfaatkan barang disekitarnya dengan maksimal apalagi jika peralatan dapur ada banyak dan memiliki fungsi khusus masing-masing. Misalnya wajan carbon steel untuk menumis dibedakan dengan wajan anti lengket untuk menggoreng. Lalu pengupas kentang dibedakan dengan pisau dapur untuk memotong, padahal ia bisa untuk mengupas juga. Wah, cara ini segera ditinggalkan ya.

Selain malah membuat dapur sumpek dan umpek-umpekan, kamu akan lebih sulit mencari barang dan bahan yang dibutuhkan karena tempatnya penuh. Nah, gunakkan alat seoptimal mungkin. Kegiatan mencuci nantinya juga akan lebih mudah.

2/ Memotong Tanpa Memperhatikan Ukuran dan Bentuk

Jika merasa bahwa memotong dengan ukuran sama akan memperlambat masakan, maka kamu salah besar. Memotong dengan ukutan yang sama malah membuat masakanmu matang merata dan bersamaan.

Ketika ukuran dan bentuk potongan berbeda-beda, maka yang terjadi adalah bagian lebih kecil akan matang lebih dahulu dibanding yang besar. Ketika disajikan dan disantap, yang besar bisa jadi terasa belum cukup matang sehingga masakan akan gagal.

3/ Memasukkan Bahan Bersamaan

Ingatlah bahwa step by step memasak amat penting. Jangan karena terburu-buru, kamu langsung memasukkan semua bahan. Masakanmu bisa hambar, warnanya tidak enak dipandang, dan beberapa bahan menjadi overcook.

Misalnya memasak sop . Jika wortel dan bayam dimasukkan secara bersamaan, maka bayam yang matang lebih cepat akan jadi kisut dan warnanya menggelap ketika wortel matang. Bisa-bisa kamu malah harus mengulang prosesnya.

4/ Memasukkan Bahan Kebanyakan

Hal ini bisa terjadi saat menggoreng dengan deep fry. Ketika bahan di masukkan terlalu banyak, yang terjadi adalah makanan berminyak. Contohnya menggoreng kentang yang butuh temperatur khusus. Ketika kentang dimasukkan terlalu banyak, temperaturnya akan turun dan masakan jadi tidak renyah.

5/ Tidak Menunggu Oven Panas

Jika membutuhkan oven untuk memasak, pastikan dahulu suhu oven sudah sesuai dan masakan bisa di masukkan. Menyegerakan meletakkan masakan akan membuat tekstur makanan buruk dan bakteri jahatpun timbul.

Nah, apakah kamu pernah melakukannya juga? Kalau sudah tahu, maka hindari cara masak yang salah ini karena resikonya kamu bisa jadi harus mengulang masakan. Bukankah tambah repot? Meskipun terburu-buru, ingat untuk tetap tenang dan yakin bahwa semua akan tepat waktu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.