Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Gula sering dicemaskan karena menjadi penyebab penyakit gula darah dan kolesterol. Namun, kini ada bahan makanan yang bisa jadi pengganti gula lho!

Gula menjadi elemen penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Mulai dari makan buah, memasak gulai, sampai minum teh, pemanis ini tidak bisa lepas. Meskipun, banyak orang yang khawatir bagaimana bila kadar gula mereka terlalu tinggi, namun gula tidak bisa tidak digunakan dalam memasak, karena rasa manis yang diciptakan bahan tersebut.

Bila ENDEUSiast takut akan masalah kesehatan yang mungkin datang dikemudian hari, maka berikut ini bisa ENDEUSiast gunakan untuk mengganti gula.

1/ Madu

Madu merupakan bahan yang dapat dengan mudah di temukan di mana saja, baik supermarket besar maupun pasar tradisional. Bahan ini sering digunakan sebagai pengganti gula karena rasanya yang hampir mirip. Ia juga terkenal dengan sejuta khasiat bagi tubuh seperti mineral, vitamin, dan asam amino yang berguna bagi imunitas. Bahkan sejak dulu, madu digunakan sebagai campuran jamu dan obat karena memaniskan dan memudarkan pahit.

Bahan ini cocok untuk diberbagai makanan maupun minuman karena tekstur kental dan mudah larutnya. Namun ingat untuk menggunakan madu asli dan alami karena gula bisa jadi telah dicampurkan (dioplos) ke dalamnya.

2/ Pisang

Bahan satu ini juga sering dijadikan campuran makanan apa saja karena ia memberikan rasa manis alami. Meskipun tidak terlalu kuat, namun tekstur lembut dan manis tipis-tipis membuat berbagai jenis kue jadi lebih nikmat.

Selain itu, pisang juga mengandung potasium, vitamin c, dan karbohidrat tinggi yang bisa jadi pengganti nasi. Ia juga bisa digunakan sebagai menu diet sehat dengan diolah menjadi smoothie.

3/ Vanilla

Bahan ini paling sering tercampur pada jenis kue dan roti-rotian. Meskipun bukanlah pemanis, namun vanilla merupakan bahan yang bisa digunakan untuk menguatkan rasa dan aroma manis yang sudah ada di dalam makanan. Bentuk dari bahan ini biasanya merupakan cairan atau bubuk yang diekstrak dari anggrek vanilla.

4/ Kayu Manis

Kayu manis memiliki manis yang pekat sehingga rempah satu ini sering ditambahkan ke dalam masakan. Ia juga sering digunakan untuk pemanis minuman seperti teh.

Biasanya kayu manis ditambahkan baik dalam bentuk bubuk atau masih batangan kecil yang utuh.

5/ Stevia

Bahan satu ini memang kurang terkenal di Indonesia karena ia lebih populer di daerah Amerika Latin dan Asia Timur. Namun bagi penderita gula dan kolesterol, stevia bisa menjadi pemanis pengganti gula. Akhir-ahir ini stevia banyak ditanam oleh petani karena kegunaannya di industri makanan.

Daun ini memiliki tingkat kemanisan yang lebih tinggi 200-300 kali dari gula. Selain itu ia aman bagi penderita penyakit yang berhubungan dengan gula.

Itulah bahan pengganti gula yang bisa digunakan ke dalam makanan Indonesia. Bagi ENDEUSiast yang menghindari penyakit di kemudian hari, bahan ini bisa digunakan dalam alternatif memasak. Coba yuk!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.