Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Salad bukan sekedar daun-daunan hijau yang dicampurkan kemudian diberi garnish dan dressing, ternyata salad pun ada empat jenisnya!

Salad sering dianggap alternatif terbaik dalam menjalani gaya hidup sehat. Selain itu salad juga digunakan banyak orang sebagai menu diet . Namun tahukah ENDEUSiast bahwa sebenarnya salad terbagi menjadi 4 variasi? Ada tossed salads, composed salads, bound salads, dan farinaceous salad . Tentu setiap variasinya memiliki manfaat dan kelebihannya masing-masing.

1/ Tossed Salads

Jenis ini adalah jenis yang paling umum. Bahkan terkadang dikira menjadi satu-satunya ‘salad’ yang ada.

Mencampurkan ( tossed ) sayuran hijau dan topping seperti bawang, timun dan tomat. Sedangkan untuk garnishnya, bisa gunakan keju, buah-buahan , kacang kacangan, atau sayur lain. Sebenarnya semua dressing bisa dipakai termasuk minyak dan cuka.

Tapi ingat jika ingin menambahkan minyak dan cuka, maka campur pada saat terakhir karena sayuran bisa jadi layu lebih cepat.

2/ Composed Salads

Composed Salad terdiri dalam salah satu urutan dan detail. Disusun dari bawah ke atas dan diatur dengan hati-hati untuk menghasilkan salad yang dibuat dengan indah. Ada 4 lapisan untuk salad terdiri: base, body, garniture, dan dressing .

Base lebih sering menggunakan salad hijau, ia juga digunakan sebagai fondasi dari bagian selanjutnya. Misalnya, Chicken Cesar Salad akan menggunakan selada sebagai dasarnya.

Body adalah bahan utama dari composed salad yang terdiri dari sayur hijau lainnya, atau juga kadang ayam-ayaman

Garniture ditambahkan sebagai pewarna, penambah tekstur, dan rasa. Ada banyak opsi menggunakan garnish tapi gunakan garnish yang cocok dengan rasa salad misalnya Chicken Cesar Salad yang menggunakan parmesan dan lemon. Dressing pada composed salad sering disajikan di sisi atau di atas dengan sendok.

3/ Bound Salads

Adalah salad yang menggabungkan daging yang dimasak, ikan, kerang dan atau polong-polongan dengan garnish dan dressing. Masing-masing bahan dicampurkan menjadi satu dalam satu wadah. ENDEUSiast dapat memasukkan pasta, kentang, quinoa sebagai basenya. Biasanya mengikat ( bound ) menggunakan mayones. Atau jika ingin rasa yang lebih ringan, gunakan dressing dari cuka.

4/ Farinaceous Salads

Salad farinaceous menggunakan cara yang sama dengan bound salad , tapi ia memiliki rasa lebih ringan karena tidak diikat ( bound ) dengan mayones. Biasanya salad ini dibuat dengan kentang, pasta atau biji-bijian.

Salad Pasta adalah contoh dari campuran bound dan farinaceous salad.

Banyak salad pasta menggunakan kombinasi saus ringan dan bahan beraroma untuk menyatukannya. Salad Pasta jenis farinaceous tidak menggunakan saus apapun sehingga rasanya lebih datar. Salad farinaceous yang terkenal dan populer termasuk salad kentang.

Itulah jenis dari salad yang perlu ENDEUSiast tahu. jika ENDEUSiast penyuka salad, maka pengetahuan ini harus ingat terus. Namun, jika ENDEUSiast baru awal-awal mencoba salad, pastikan dahulu mana salad yang ingin ENDEUSiast coba karena banyak tipe salad yang berbeda.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.