Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bakmi merupakan salah satu sajian favorit masyarakat Indonesia. Berikut beberapa sajian bakmi populer yang dimiliki oleh Indonesia. Sudah coba?

Indonesia memang memiliki banyak sajian khas yang membuat kita tergoda mencobanya. Salah satunya adalah bakmi dan mie yang tersebar di hampir seluruh wilayah. Meskipun bukan asli Indonesia, namun percampuran dari makanan dari china ini terhadap rasa rempah nusantara membuat rasa khas yang hanya bisa ditemukan di negara ini.

Bakmi dan mie yang banyak jenisnya ini patut kamu pertimbangkan untuk dicoba selama libur kemerdekaan lho! Mau tahu apa saja?

1/ Bakmi Jawa

Bakmi jawa atau Mi jawa merupakan makanan khas yang beredar di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Meskipun lebih dikenal dengan kuahnya yang sedap, namun bakmi jawa juga memiliki varian goreng dan nyemek (setengah basah).

Selain penggunaan rempah, telur bebek, dan ayam kampung yang membuatnya istimewa, bakmi jawa juga menjaga pengolahannya secara tradisional dengan menggunakan tungku tanah liat (anglo), api, dan arang. Jadi, memasak bakmi jawa harus satu persatu atau seukuran penuh wajan ukuran sedang, ini juga menjaga cita rasa khasnya. Hmmm, pasti lezat, deh!

2/ Mie Aceh

Mie aceh memiliki kepedasan khas yang diperoleh dari penggunaan berbagai bumbu rempah yang kuat. Variannya secara umum ada tiga yaitu tumis, kuah, dan goreng.

Mie ini dibuat dengan mie kuning dengan tambahan bahan seperti daging, udang, cumi, dan lainnya. Untuk pelengkap, ada acar, emping, bawang goreng, dan jeruk nipis yang siap membuat makanan lebih lezat. Sedap pastinya!

3/ Mie Kocok Bandung

Seperti namanya, mie yang berasal dari Bandung ini memang jadi primadona di daerah asal. Bagaimana tidak? Kuah daging sapi yang kental, irisan kikil sapi, tauge, bakso, jeruk nipis, seledri, dan bawang goreng membuat perut dan hati terasa kenyang. Sama seperti mie Aceh, mie ini menggunakan mie kuning, namun gepeng.

Lalu, kenapa dinamakan mie kocok? Ini karena cara pembuatannya yang menggunakan wadah bergagang panjang dan berlubang, kemudian mi dimasukkan kedalam air panas dan dikocok-kocok atau diaduk hingga matang. Unik bukan?

4/ Mie Cakalang

Bakmi asal Manado ini, seperti namanya, berkuah Cakalang. Aroma ikan ini semerbak tercium ketika mie dihidangkan. Belum lagi rasa pedas dari tambahan merica dan sambal ijo maupun bawang. Selain itu, irisan cakalang juga menjadi topping dari mie kuning ini.

Mie cakalang sudah biasa menjadi sarapan di tempat asalnya sehingga sepanjang sudut jalan kamu bisa menemukan penjual mie ini, tapi tenang, jangan buru-buru ingin ke Manado, kamu bisa menemukan mie ini di rumah makan terdekat di kotamu ya. Ini berlaku juga untuk mie lain.

Perkembangan kuliner nusantara memang mempermudah kita untuk mencicipi beragam rasa dari daerah yang belum pernah dikunjungi, bakmi adalah salah satu representasinya. Setelah membaca daftar ini, apakah kamu sudah mulai meng-list yang membuatmu penasaran? Sudah ngiler? Kalau begitu silahkan dicoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.