Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Butuh resep bumbu soto yang enak untuk merayakan HUT RI? Simak daftar bumbu soto nusantara yang bisa ENDEUSiast coba di rumah.

Siapa yang tidak kenal soto? Makanan Indonesia yang satu ini memiliki banyak variasi, seperti Soto Lamongan, Soto Kudus, Soto Banjar dan lainnya. Meskipun sama-sama soto, semuanya memiliki ciri khas rasa berbeda yang dihasilkan dari bumbu khusus masing-masing. Mau mencoba membuat salah satunya untuk Agustusan?

1/ Soto Banjar

Seperti namanya, soto Banjar berasal dari suku Banjar di Kalimantan Selatan. Soto ini berbahan dasar ayam dan memiliki rasa serta aroma khusus yang berasal dari rempah-rempah.

Untuk membuat bumbunya ENDEUSiast membutuhkan: 8 siung bawang putih, 12 butir bawang merah, 3 cm jahe, 2 sdt garam, ½ sdt merica, 4 butir kemiri, dan 3 cm kunyit yang dihaluskan. Setelahnya bumbu itu dimasukkan dalam rebusan ayam bersama dengan kapulaga, kayu manis, cengkih, pekak dan biji pala. Selain itu ENDEUSiast bisa mencampurkan sedikit susu untuk membuat rasa gurih dan warna kuah yang menyala tapi tidak keruh,

2/ Soto Bandung

Soto Bandung asal Jawa Barat ini berbahan dasar daging sapi. Namun, yang membedakan soto ini dengan soto lainnya adalah tambahan lobak, tomat, dan kedelai goreng di dalamnya.

Untuk bumbunya tinggal haluskan 10 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 1 sdt merica bubuk, dan 1 sdt garam. Bumbu itu nanti dimasukkan ke dalam kaldu yang berasal dari daging,daun salam, serai, lengkuas, jahe, dan garam yang direbus hingga mendidih.

3/ Soto Ayam Lamongan

Soto Lamongan adalah soto khas Jawa Timur. Soto ini mungkin yang paling banyak dijual di rumah makan dan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Ia biasanya ditambahkan taoge dan suwiran ayam.

Bumbu dari soto ini adalah, 8 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 2 cm kunyit, 2 cm jahe, 1 sdt merica, 2 sdt ketumbar sangrai, dan 4 butir kemiri yang dihaluskan lalu ditumis. Hasil tumisan kemudian dicampur dalam rebusan ayam, lengkuas, cengkih, serai, dan garam dengan api sedang hingga mendidih dan ayam menjadi lunak.

4/ Soto Betawi

Jakarta menjadi asal dari Soto Betawi yang menjadi primadona di tempat asalnya. Khas dari soto Betawi, disamping penggunaan daging sapi adalah jeroan dan seringkali organ-organ lain misalnya mata, terpedo, dan hati.

Untuk bumbunya, haluskan 12 butir bawang merah, 8 siung bawang putih, 5 cm jahe, 1 sdt ketumbar sangrai, ¼ sdt jintan sangrai, dan 1 sdt merica yang kemudian ditumis. Bahan ini kemudian ditambah air dan sedikit susu. Setelahnya masukkan daging dan jeroan sapi, masukkan garam, cengkih, kayu manis, biji pala, dan daun jeruk.

Soto memang bisa di beli di seluruh wilayah di Indonesia, tapi paling enak tentu masakan sendiri apalagi untuk hari spesial seperti Tujuh Belasan. Demikianlah resep bumbu soto nusantara, semoga bermanfaat!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.