Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Selain digoreng, ikan tuna bisa diolah menjadi makanan yang dijamin bikin ketagihan

Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan dengan daging yang padat. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Indonesia dengan jumlah yang melimpah. Tekstur daging tuna yang padat membuat ikan yang satu ini cocok untuk dijadikan pengganti daging ayam. Ikan tuna biasanya diolah dengan cara digoreng ataupun dipepes. Kalau ENDEUSiast masih bingung bagaimana mengolah ikan tuna, ENDEUSiast bisa memasak beberapa olahan ikan tuna berikut ini.

1/ Pancake Tuna

Pancake atau patty biasanya dibuat dari daging sapi atau ayam. Namun karena tekstur ikan tuna yang padat, ENDEUSiast juga bisa membuat pancake atau patty ikan tuna. Untuk membuat pancake ikan tuna, ENDEUSiast bisa menggunakan ikan tuna yang sudah dikukus ataupun tuna kalengan. Ambil bagian daging tuna saja dan suwir-suwir. Campurkan daging tuna yang sudah disuwir dengan telur, dan bumbu-bumbu seperti parsley, daun bawang, bawang putih, garam, dan sebagainya. Setelah adonan pancake tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulat pipih seperti patty. Panggang pancake dengan sedikit mentega pada penggorengan dan masak hingga matang merata.

2/ Ikan Tuna Suwir

Salah satu olahan tuna yang juga banyak digemari adalah ikan tuna suwir. Ikan tuna suwir yang dimasak hingga kering bisa bertahan selama 1 minggu dan bisa jadi alternatif lauk sehat. Untuk membuat ikan tuna suwir ENDEUSiast bisa menggunakan tuna yang sudah dikukus ataupun tuna kalengan. Suwir ikan tuna dan tiriskan airnya. ENDEUSiast bisa menggunakan bumbu dasar merah atau bumbu rica-rica untuk memasak ikan tuna suwir ini. Masak terus ikan tuna hingga kering sehingga lebih tahan lama.

3/ Nugget Tuna

Olahan ikan tuna yang juga mudah dibuat adalah nugget tuna. Untuk membuat nugget tuna, ENDEUSiast bisa menggunakan ikan tuna yang segar atau daging tuna giling. ENDEUSiast bisa menggiling daging tuna terlebih dahulu hingga halus. Kemudian campurkan daging giling dengan tepung roti, roti tawar kupas yang sudah direndam dengan susu, dan bumbu-bumbu yang lain. Setelah adonan tercampur rata, kukus adonan dalam Loyang hingga matang. Potong nugget bila sudah dingin dan lumuri dengan telur dan tepung roti. Nugget tuna bisa langsung digoreng ataupun dibekukan dalam freezer.

4/ Tuna Asam Manis

Olahan ikan tuna yang juga lezat dan mudah dibuat adalah tuna asam manis. ENDEUSiast bisa membuat ikan tuna asam manis ini dengan menggunakan fillet ikan tuna yang segar. Potong-potong ikan dengan ukuran bitesize, dan goreng dengan tepung hingga renyah. Setelah itu buat saus asam manis dengan menggunakan saus tomat atau saus asam manis siap pakai. ENDEUSiast juga bisa menambahkan potongan paprika dan bawang Bombay agar ikan menjadi lebih lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.