Berikut ini 4 masakan Indonesia dari berbagai daerah yang memiliki rasa dan aroma rempah kuat dan sayang untuk dilewatkan. Penasaran?

Traveling kurang lengkap bila tidak mencicipi masakan Indonesia. Budaya Indonesia yang beragam memberikan perbedaan pada jenis masakan di setiap daerah. Beberapa masakan mungkin sudah banyak dikenal orang namun beberapa masih belum.

Membahas masakan Indonesia dari Sabang sampai Merauke memang seperti tidak ada habisnya. Dari camilan, makanan utama, jajanan, hingga minuman sangat bervariasi. Sehingga bila berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia wajib banget untuk mencoba beberapa masakkan ini.

1/ Mie Aceh

Seperti namanya, mie ini berasal dari Aceh dan menjadi salah satu makanan khas dari daerah tersebut. Mie Aceh ini menggunakan mie kuning yang tebal dan terasa kenyal bila di kunyah. Yang unik dari mie Aceh ini adalah penggunaan bumbu, semacam bumbu kari, dengan kuah yang pekat dan gurih. Selain itu, masakan ini juga menggunakan campuran daging sapi, cumi, dan udang sebagai sumber protein.

2/ Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin adalah salah satu masakan khas dari Jambi. Seperti namanya, gulai ikan pating menggunakan ikan patin sebagai bahan utama serta beberapa buah dan sayur sebagai pelengkap seperti nanas dan tomat. Yang unik dari gulai ikan patin ini adalah penggunaan tempoyak atau fermentasi durian sebagai bumbu.

Bisa dibayangkan rasa dan aroma gulai patina ini kan? Namun bagi beberapa orang yang tidak suka dengan durian, tempoyak bisa diganti dengan santan.

3/ Ayam Betutu

Ayam betutu adalah salah satu masakan khas dari daerah Bali. Makanan ini adalah salah satu yang paling terkenal dan dicari ketika orang-orang berlibur ke Bali. Ayam betutu adalah ayam yang dimasak secara utuh dengan bumbu-bumbu khas.

Yang unik dari ayam betutu ini adalah ayamnya dimasak dengan cara dipanggang secara utuh. Meskipun dipanggang secara utuh, namun ayam betutu bisa matang merata dan dagingnya empuk seperti di kukus.

4/ Gohu Ikan

Belum banyak orang yang mengetahui bila Indonesia juga mempunyai makanan ikan mentah yang mirip dengan sashimi. Makanan tersebut adalah gohu ikan yang merupakan makanan khas dari Maluku.

Gohu ikan adalah makanan yang terdiri dari ikan tuna mentah yang dipotong kecil-kecil kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui dan ditaburi dengan daun kemangi iris.

Bumbunya adalah bawang merah dan cabai yang telah dirajang kasar kemudian ditumis dengan minyak kelapa. Minyak kelapa yang panas ini kemudian disiram di atas potongan ikan tuna mentah dan diberi taburan kacang tanah sangrai yang sudah ditumbuk kasar. Beberapa orang juga menyebut gohu ikan ini sebagai sashimi Ternate.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.