Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Tau nggak kalau kunyit yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan bisa juga loh diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Kunyit atau dengan nama lain kunir merupakan salah satu tanaman rempah yang banyak digunakan untuk masakan khas Indonesia. Bumbu dapur yang satu ini selain dapat melezatkan setiap masakan, kunyit juga dapat digunakan untuk memberikan warna kuning alami pada makanan.

Tapi tahukah bahwa kunyit juga bisa dijadikan sebagai minuman yang sehat dan menyegarkan? Cocok disajikan dalam kondisi pandemi Corona seperti saat ini. Sudah bukan rahasia lagi bila kunyit memiliki khasiat yang bagus untuk sistem pencernaan. Walau rasanya sedikit pahit namun tetap banyak yang mau mengonsumsinya.

Untuk menyiasati agar rasanya nggak terlalu pahit maka kita bisa mengolahnya menjadi minuman yang menyegarkan. Apa saja? Mari kita lihat beberapa pilihan minuman dari bahan kunyit di bawah ini.

1. Jamu Kunyit Asam

kita pasti sudah nggak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Ya, namanya adalah jamu kunyit asam. Minuman sehat ini memiliki banyak khasiat istimewa yang baik untuk tubuh. Seperti untuk mengendalikan gula darah hingga dapat meredakan nyeri pada saat haid bagi wanita.

Untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal maka minumlah secara rutin. Bisa disajikan secara hangat mau pun dingin sesuai selera. Namun usahakan untuk tidak menyimpannya terlalu lama di dalam kulkas karena dikhawatirkan khasiat dari jamu tersebut bisa berkurang.

2. Teh Susu Kunyit

Bagi kita yang penyuka teh, bisa loh mencoba membuat minuman yang dikombinasikan dengan bahan kunyit dan susu. perpaduan antara ketiga bahan tersebut bisa memberikan rasa yang enak dan tentu menyehatkan.

Minuman teh susu kunyit ini dipercaya memiliki khasiat sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Sangat cocok disajikan pada saat kondisi cuaca dingin sehingga dapat membuat tubuh terasa hangat dan tetap sehat.

3. Latte Kunyit

Masih memanfaatkan susu, minuman yang satu ini juga cocok bagi kita penyuka kunyit. Perpaduan antara bahan kunyit, susu, kacang mete dan almond ini menjadikan minuman tradisional yang satu ini memiliki rasa yang nikmat.

Latte kunyit yang memiliki nama lain Haldi Doodh ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah mampu untuk mengobati jerawat dan juga memutihkan gigi.

4. Kunyit Madu

Selain susu, kita juga bisa menggunakan madu sebagai bahan campuran minuman kunyit. Selain rasanya yang enak dengan dominasi manis dari madu, terdapat juga khasiat yang menakjubkan. Kita sudah tau bahwa kunyit merupakan bahan rempah yang memiliki segudang manfaat. Ditambah dengan madu maka khasiatnya bisa lebih banyak.

Minuman dari kombinasi kunyit dan madu ini memiliki sejumlah manfaat seperti untuk anti inflamasi, anti bakteri bahkan hingga anti kanker. kita juga bisa menambahkan beberapa bahan lainnya seperti cuka sari apel atau kulit lemon parut.

Minuman lain yang tidak boleh kita lewatkan adalah empon-empon . Sama-sama memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya