Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Bosan dengan olahan jengkol yang itu-itu aja? Coba simak beberapa rekomendasi kreasi jengkol.

Salah satu masakan Indonesia yang juga banyak disukai adalah masakan olahan jengkol. Meski memiliki bau yang khas, tapi banyak juga loh yang doyan jengkol. Ya, memang di dalam jengkol terdapat asam amino yang mengandung sulfur seperti belerang. Itulah mengapa bau jengkol sangat menyengat.

Meski pun begitu di balik baunya yang menyengat, kalau diolah dengan baik rasanya juga enak loh. Bagi kita penyuka jengkol yang bosan dengan sajian itu-itu aja, perlu mencoba beberapa referensi resep aneka masakan dari jengkol ini. Apa aja itu? Mari kita simak di bawah ini.

1. Jengkol Balado

Bumbu balado banyak digunakan untuk jenis masakan apa pun. Bahkan bisa dikatakan bumbu ini menjadi bumbu yang harus ada di dapur. Maka nggak heran bila kita mudah menemukannya di pasar-pasar. Umumnya, bumbu balado sering dijadikan sebagai sajian masakan seperti ayam, telur atau pun ikan. Tapi kalau diolah dengan jengkol juga enak loh. Bila kita tertarik membuat masakan balado yang satu ini, bisa melihat resep jengkol balado .

2. Rendang jengkol

Rendang nggak melulu menggunakan bahan utama daging. kita juga bisa berkreasi menggunakan bahan lainnya, semisal jengkol. Rendang jengkol juga terbilang enak. Perpaduan antara pedas dan gurih dari bumbu rendang sangat menggugah selera. Dijamin rasanya nggak kalah lezat dari rendang daging pada umumnya. Apalagi teksturnya yang sama-sama legit.

Nah jika mau mencoba sesuatu yang beda, coba aja buat rendang jengkol sebagai sajian makan di rumah.

3. Gulai jengkol

Gulai yang sering kita temui, umumnya menggunakan ikan, daging, jeroan hingga sayuran. Namun bila kita ingin yang berbeda, bisa loh membuat gulai jengkol. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan dalam proses pengolahan jengkol adalah cara menghilangkan bau pada jengkol serta memperhatikan tingkat lembutnya.

Untuk menghilangkan bau nyengat pada jengkol, kita bisa menggunakan bahan kopi. Caranya adalah cuci bersih jengkol baru setelah itu rebus dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan kopi. Diamkan hingga air mendidih dan mulai asat. Dijamin aroma menyengat pada jengkol udah nggak tercium lagi.

4. Semur Jengkol

Bahan isian semur cukup beragam. Ada ayam, telur, tahu hingga daging. Tapi tunggu dulu, masih ada lagi Jenis olahan semur lainnya yang nggak kalah populer yaitu semur jengkol. Rasanya yang manis dengan teksturnya yang empuk bisa bikin kita ketagihan.

Untuk membuat semur jengkol, kita harus merebus jengkol selama sekitar dua jam. Setelah itu tiriskan. Potong jengkol menjadi dua bagian, buang kulitnya lalu pipihkan. Siapkan juga bumbu halusnya seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, lada, biji pala, jinten dan cengkeh

Tumis semua bumbu halusnya lalu masukkan daun salam, daun jeruk dan kayu manis. Tumis hingga tercium aroma sedanya lalu tuang air secukupnya dan masukkan jengkol. Jangan lupa menambahkan kecap manis dan gula agar rasa manisnya terasa. Masak hingga matang dan kuahnya mengental.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya