Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Klasifikasi sajian kopi yang harus kamu tahu agar tidak bingung dengan istilah kopi di kafe

Sajian kopi yang ada di kafe biasanya menggunakan istilah-istilah yang asing. Istilah tersebut memang biasanya diambil dari nama asli sajian kopi dari negara aslinya. Klasifikasi nama-nama kopi ini tidak jarang yang membuat bingung karena namanya yang mirip-mirip. Secara umum, sajian kopi dibagi menjadi empat kategori sebagai berikut ini.

1/ Kopi Murni

Klasifikasi kopi yang pertama adalah kopi murni tanpa campuran susu atau krim. Kopi murni ini biasanya dikenal dengan nama espresso, Americano, ristretto, dan red eye . Espresso adalah salah satu sajian kopi murni yang dibuat dengan mesin brewing khusus. Salah satu ciri espresso adalah tekstur pekat dan ada buih di atasnya sebagai hasil dari tekanan minyak pada biji kopi. Americano adalah sajian kopi yang mirip dengan espresso hanya saja menggunakan air yang lebih banyak sehingga konsistensinya tidak terlalu kental.

Ristretto adalah sajian kopi yang sering disebut sebagai half espresso . Sajian kopi ini lebih pekat, singkat, dan manis. Sedangkan red eye adalah sajian espresso yang dicampur dengan kopi hitam. Kopi ini lebih populer dengan sebutan coffee with espresso .

2/ Kopi Susu

Salah satu sajian kopi yang populer adalah kopi dengan susu atau krim. Sajian kopi ini terdiri dari beberapa jenis yaitu latte, cappuccino, mochaccino , dan flat white .

Latte adalah satu sajian kopi yang komposisinya lebih banyak susu daripada kopi. Sehingga rasa kopinya tidak terlalu kuat dan cocok untuk mereka yang tidak terlalu suka kopi. Capppuccino adalah sajian kopi yang populer di berbagai kafe dengan ciri khas mempunyai busa tebal pada permukaannya dan diberi taburan coklat bubuk.

Mochachino adalah salah satu sajian kopi yang juga banyak ditemukan di kafe. Kopi yang satu ini merupakan campuran antara kopi, susu, dan coklat. Sekilas flat white ini sama dengan cappuccino dan café latte namun dengan perbandingan susu dan kopi yang berbeda. Selain itu, rasa flat white ini lebih kuat dari café latte dan lebih lembut dari cappuccino .

3/ Kopi dengan Rasio Berbeda

Selain dari kombinasi bahan, sajian kopi juga dibedakan berdasarkan rasionya. Macchiato, cortado, dan affogato adalah jenis kopi yang mempunyai rasio yang berbeda. Rasio yang berbeda antara kopi, air, dan susu memberikan rasa yang berbeda.

4/ Kopi Dingin

Selain disajikan panas, kopi juga banyak yang disajikan dingin. Sajian kopi yang populer adalah frappe, cold brew, dan yuanyang . Frappe adalah sajian kopi yang berlapis dengan busa atau foam . Sedangkan cold brew adalah kopi yang ‘direndam’ dengan air dingin dan didiamkan 12 jam sebelum disajikan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.