Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kalau kamu kenal cokelat terbaik itu berasal dari negara Swiss, nggak salah. Tapi tau nggak kalau di Indonesia juga punya penghasil cokelat yang enak?

"

Bicara mengenai cokelat, hampir semua kalangan dan berbagai usia selalu bisa ikut nimbrung dalam obrolan. Kenapa? Ya karena cokelat itu tidak mengenal usia. Semua orang suka dengan cokelat, tidak melulu anak-anak, orang dewasa pun juga menggilai makanan yang berasal dari tanaman kakao ini.

Berbagai macam alasan untuk mereka menyukai cokelat, yang pasti cokelat bisa menjadi salah satu pilihan untuk mereka yang suka berbagi cerita bersama. Yang pasti cokelat sudah sangat melekat bagi masyarakat di kehidupan sehari-hari.

Ngomong-ngomong cokelat, ada berbagai macam cokelat yang sudah tersedia sekarang ini. Dari jenis, model, hingga rasa yang sangat beragam. Tapi, tau nggak kalau penyedia cokelat enak itu nggak melulu selalu berasal negara-negara di Eropa? Karena ada banyak negara yang memiliki tanaman cokelat yang enak banget, termasuk di Indonesia. Karena iklim di Indonesia sangat cocok untuk budidaya tanaman cokelat.

Tanaman cokelat di Indonesia sudah dikenal sejak lama sekali. Dibudidayakan di beberapa tempat di Indonesia pada saat itu. Salah satunya di Batavia pada tahun 1781 di daerah yang sekarang kita kenal dengan nama Pondok Kopi. Saking besarnya tanaman kopi di saat itu, hingga Batavia bisa mengekspor biji kopi ke luar negeri. Hingga Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor kakao selain Amerika Serikat.

Tau nggak apa saja yang bisa mempengaruhi tanaman cokelat hingga memiliki rasa yang unik di tiap daerahnya? Dikutip dari Kompas.com , kondisi minyak di dalam tanah, vegetasi lain di sekitar tanaman cokelat, jarak pemukiman warga ke perkebunan cokelat, ketinggian tanah, hingga kearifan lokal yang mengubah kakao menjadi cokelat.

Lalu di mana saja wilayah yang banyak menghasilkan cokelat-cokelat yang enak?

1. Bali

Mungkin yang satu ini sudah bukan lagi hal baru bagi kamu kalau ternyata pulau Bali memiliki tanaman cokelat yang cukup terkenal. Selain memiliki alam yang sangat indah, ternyata pulau yang menjadi tempat favorit orang menghabiskan libur mereka juga memiliki tanaman cokelat yang enak loh. Beberapa produsen lokal cokelat juga menyediakan cokelat yang berasal dari Pulau Dewata.

2. Aceh

Pulau terujung di Sumatra, Indonesia juga nggak mau ketinggalan dalam menghasilkan cokelat yang terbaik. After taste yang diberikan oleh cokelat asal Aceh ini berbeda dari cokelat yang berasal dari daerah lainnya. Di Pidie Jaya, terkenal dengan rasanya yang kuat. Sedikit pahit, tapi itu yang menjadi beda dari cokelat daerah lainnya.

3. Jawa Tengah

Konon katanya, perkebunan kopi di Jawa Tengah ini (Glenmore) sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda. Rasanya hampir mirip dengan cokelat dari Bali dan Aceh. Rasa fruity yang lebih dominan dari rasa lainnya. Hal pembeda ini yang dicari orang dari cokelat asal Glenmore.

4. Flores

Suku Tanazozo yang berada di Rajawowo, Flores, Nusa Tenggara Barat, mengolah cokelat dengan cara yang tradisional. Ditanam pada ketinggian 500 mdpl, ditambah dengan kondisi tanah yang ada di sana memengaruhi rasa unik yang dihasilkan oleh cokelat ini.

Nah, udah tau kan kalau ternyata di Indonesia itu penghasil tanaman cokelat yang baik sejak dulu? Jadi nggak ada salahnya buat coba cokelat lokal asli dari Indonesia, baik bahan cokelatnya maupun produsennya.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.