4 Cara Mudah Memisahkan Kuning Telur dan Putih Telur
4 Cara Mudah Memisahkan Kuning Telur dan Putih Telur

Bahan untuk membuat kue bolu adalah telur. Namun yang diperlukan hanyalah kuning telurnya saja. Ini lho cara memisahkannya.

Telur merupakan salah satu bahan untuk membuat suatu makanan yang diperlukan untuk membuat berbagai kue, seperti kue bolu . Dalam proses membuat kue bolu, telur yang digunakan hanyalah kuning telur. Sedangkan putih telurnya bisa disimpan untuk membuat menu masakan lainnya.

Memisahkan kuning telur dan putih telur bukanlah hal yang mudah. Sering kali ketika ingin menggunakan kuning telur saja, masih ada bagian putih telur yang menempel atau sebaliknya. Meskipun hanya sedikit putih telur yang menempel pada hasil pemisahan kuning dan putih telur, adonan dapat menjadi lebih amis dan kue bolu tidak mengembang lebih sempurna.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memisahkan kuning dan putih telur adalah mendinginkannya. Jika ENDEUSiast tidak menyimpan telur di dalam lemari es jangan khawatir, ENDEUSiast bisa memasukannya ke dalam kulkas lalu mendinginkannya selama satu jam. Telur yang didinginkan akan membuat kuning telur lebih stabil sehingga mudah dipisahkan dari putih telur. Berikut ini beberapa cara supaya ENDEUSiast mudah memisahkan kuning dan putih telur.

1/ Memisahkan dengan Tangan

Sebelum memisahkan kuning telur dan putih telur menggunakan tangan, ENDEUSiast wajib mencuci tangan dan mengeringkan tangan. Tangan yang kotor mengandung debu dan kotoran yang bisa menempel pada telur sehingga putih dan kuning telur menjadi susah dipisahkan.

Cara memisahkan putih dan kuning telur dengan tangan yaitu siapka mangkuk di bawah tangan. Pecahkan telur dan taruhlah di tangan. Bukalah sedikit jari-jari sehingga putih telur bisa menetes ke mangkuk. Setelah itu pindahkan kuning telur dengan hati-hati ke mangkuk lainnya.

2/ Memisahkan dengan Cangkang

Karena cangkang telur digunakan untuk memisahkan kuning dan putih telur maka cangkang telur dicuci terlebih dahulu jika perlu sikat terlebih dahulu cangkang menggunakan sikat yang lembut supaya tidak pecah. Setelah dibersihkan maka keringkan telur. Pilihlah bagian telur yang paling menggembung supaya besar pecahan rata. Setelah telur pecah, pindahkan kuning telur dari satu bagian cangkang ke bagian cangkang lainnya.

3/ Menggunakan Alat Khusus

Saat ini sudah ada alat khusus untuk memisahkan kuning dan putih telur. Namun ENDEUSiast juga bisa menggunakan centong yang berlubang. Cara untuk menggunakan alat ini atau centong berlubang yaitu pecahkan telur kedalam centong lalu goyang-goyangan sehingga putih telur terpisah melalui lubang-lubang pada centong.

4/ Menggunakan Botol Plastik

ENDEUSiast bisa memisahkan telur dengan mudah menggunakan botol plastik. Caranya cukup mudah yang pertama tentunya bersihkan botol dan keringkan botol. Pecahkan telur dan taruh ke dalam mangkuk. Posisikan mulut botol di atas kuning telur. Tekan botol hingga kuning telur masuk ke botol setelah itu pindahkan ke mangkuk yang lain.

Endeustorial

Ikuti Instagram