4 Cara Ampuh Hilangkan Bau Ikan di Freezer
4 Cara Ampuh Hilangkan Bau Ikan di Freezer

Bau amis ikan yang tertinggal di freezer memang sangat mengganggu. Tapi tenang, bau ikan bisa hilang dengan 4 cara ini.

Salah satu cara mengawetkan ikan adalah dengan cara disimpan di dalam freezer . Membekukan ikan membantu memperpanjang masa simpan ikan hingga 6 bulan ke depan, bila dibekukan dengan cara yang benar. Masalah yang sering muncul karena proses membekukan ikan ini adalah bau amis yang tertinggal di dalam freezer . Bau amis in jelas mengganggu dan juga mempengaruhi aroma dari makanan lain yang juga disimpan dalam freezer .

Agar freezer tidak menjadi bau karena menyimpan ikan, ENDEUSiast bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1/ Bersihkan Kulkas Secara Teratur

Salah satu cara menjaga agar freezer bebas bau adalah dengan membersihkan isinya secara teratur. Rajin membersihkan freezer tidak hanya mengurangi bau amis tapi juga membuat freezer tetap aman untuk menyimpan makanan. ENDEUSiast bisa membersihkan freezer seminggu dua kali agar freezer tidak berbau amis. Agar lebih mudah dibersihkan, hindari menggunakan sabun. ENDEUSiast bisa menggunakan larutan cuka atau air garam sebagai pembersih alami.

2/ Simpan Ikan di dalam Wadah Tertutup

Cara penyimpanan ikan juga mempengaruhi kebersihan freezer . Bila ingin freezer yang bebas bau, ENDEUSiast harus menyimpan ikan dalam wadah tertutup. Jangan langsung menyimpan ikan dari plastik kresek karena air atau darah dari ikan bisa merembes dan menyebabkan freezer menjadi bau. Simpan ikan yang sudah dipotong ke dalam wadah tertutup, barulah simpan dalam freezer . Menyimpan ikan dengan cara ini juga membantu mengurangi bau amis pada freezer .

3/ Beri Bahan Penyerap Bau

Bila masih khawatir dengan bau ikan pada freezer , ENDEUSiast bisa menempatkan bahan-bahan penyerap bau. ENDEUSiast bisa memberikan irisan atau perasan jeruk lemon pada ikan sebelum dibekukan. Cara lainnya adalah dengan memberikan bumbu marinasi pada ikan sebelum dibekukan. Bumbu marinasi seperti bawang, kunyit, ketumbar, dan sebagainya membantu mengurangi bau amis pada ikan. Selain itu, ikan juga menjadi lebih lezat dan rasanya tidak hambar.

4/ Pisahkan IsiFreezer

Satu hal yang terpenting ketika menyimpan ikan di freezer adalah jangan dicampur dengan makanan yang lain. Misalnya wadah untuk ikan jangan dicampur dengan ayam, daging, nugget atau yang lain. Pastikan bila semua makanan termasuk ikan dikemas dalam wadah terpisah dengan tutup yang rapat. Cara penyimpanan seperti ini akan menghindari kontaminasi bakteri yang berasal dari bahan lain.

Meskipun ikan yang dibekukan bisa tahan lama, namun sebaiknya ENDEUSiast tetap tidak menyimpannya terlalu lama. Semakin lama disimpan, kualitas ikan akan semakin menurun dan rasanya pun jadi kurang lezat. Berikan tanda pada ikan atau makanan lain yang dibekukan sehingga bisa tahu mana yang harus dikonsumsi terlebih dahulu.

Endeustorial

Ikuti Instagram