Butuh resep ayam untuk hari spesial? Tapi, ENDEUSiast ingin resep yang tidak biasa? Kreasi resep ayam ini bisa membantu harimu.

Tujuh belas Agustus sebentar lagi, libur di hari ini bisa jadi ajang kumpul keluarga, sekaligus makan-makan. Nah, enaknya masak apa ya? Gimana kalau masak ayam?

Sudah biasa?

Ayam memang menjadi lauk simpel yang sering tersaji di meja makan keluarga nusantara , tapi jangan diremehkan karena ia bahan makan yang mainstream . Kalau ENDEUSiast menganggap masakan ayam sudah biasa, berarti ENDEUSiast belum melihat daftar resep ayam berikut ini.

1/ Ayam Cincane

Bagi ENDEUSiast yang belum mengenal Ayam Cicane , makanan ini berasal dari Kalimantan Timur. Hidangan ini biasanya keluar saat ada hajatan besar seperti pesta pernikahan Daging ayam kampung utuh dengan bumbu merah jadi ciri khas resep ini.

Caranya haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih dan terasi goreng, Tumis bumbu bersama jahe, lengkuas, daun salam, dan serai hingga harum. Lalu tambah gula merah dan garam. Masukkan ayam dan masak hingga berubah warna. Setelah itu, tuang santan dan air jeruk nipis,tunggu hingga kuah mengering. Terakhir bakar ayam sambil diolesi sisa bumbu. Ayam Cincane siap disajikan.

2/ Ayam Madu Limau

Kalau mau merasakan perpaduan madu yang manis dan jeruk yang masam segar, maka ENDEUSiast bisa menjadikan Ayam Madu Limo sebagai pilihan.

Resep ini menggunakan dada ayam yang dibumbui dengan garam, lada hitam, bawang putih, dan jahe, yang kemudian dibalurkan dengan tepung. Goreng hingga coklat keemasan. Sementara itu, buat saus madu limau dengan menumis butter, kecap asin, saus sambal, madu, perasan jeruk limo. Setelah teraduk rata, ayam matang dimasukkan dan campurkan dengan saus madu limo. Angkat dan hidangkan.

Ayam ini paling enak disantap bersama nasi.

3/ Ayam Betutu

Olahan khas pulau Dewata ini menghadirkan rasa pedas dan gurih yang menggoda selera. Selain itu dagingnya yang empuk dan bumbu yang kompleks membuat ayam yang melegenda ini cocok untuk santapan hari merdeka.

Tidak perlu ke Bali untuk membelinya, ENDEUSiast cukup membuat di rumah dengan resep ini .

Haluskan semua bumbu halus yang diperlukan, tumis, tambahkan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, dan cabai rawit hijau, serai, daun jeruk, dan air asam jawa. setelah itu masukkan ayam dan angkat saat air menyusut. Presto selama 25 - 30 menit, dan Ayam Betutu siap disajikan.

Resep ayam memang selalu membuat ketagihan. Apalagi bahan utamanya banyak ditemukan dan termasuk murah. Mari buat hari hari merdeka jadi spesial dengan menu-menu ini, dijamin enak. Silahkan mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.