Mengenal jenis durian paling favorit di Indonesia. Durian jenis apa yang jadi favorit ENDEUSiast?

Buah tropis dengan kulit berduri yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia ini ternyata punya banyak jenis lho, tidak hanya Durian Montong saja, tetapi ada Durian Petruk, Durian Bokor, Durian Bawor, Durian Tembaga, Durian Mimang, Durian Matahari, Durian Merah Banyuwangi dan Durian Pelangi. Wah, banyak sekali ya macamnya. Berikut ini adalah tiga jenis durian yang paling populer di Indonesia :

Durian Monthong

Pasti ENDEUSiast sudah tidak asing lagi dengan nama Durian Montong. Ya, tentu saja, karena ini adalah durian paling populer di antara jenis durian lainnya. Durian Montong sebenarnya berasal dari Thailand, tetapi para petani durian di Indonesia telah membudidayakan jenis durian ini di Indonesia sehingga sampai saat ini Durian Montong bisa tersebar luas di pasaran Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa ciri dari Durian Montong :

Berukuran besar

Berat per buah mencapai 3 – 4 kg

Warna kekuningan

Aroma menyengat

Daging durian cenderung besar, tebal dan warnanya kekuningan

Rasanya manis

Warna kulit kuning keemasan

Durian Petruk

Durian Petruk berasal dari Kota Jepara. Ya, ini adalah durian lokal Indonesia yang tidak kalah populer dengan Durian Montong. Durian jenis ini telah ada sejak tahun 1980an dan kerap disebut Jepdurian Ara karena berasal dari Kota Jepara. Pohon Durian Petruk adalah salah satu tanaman unggulan nasional yang rentan terhadap hama namun mudah untuk dibudidayakan. Berikut ini adalah ciri dari Durian Petruk :

Berat per buah sekitar 1 – 2 kg

Satu Pohon mampu menghasilkan 50 – 150 buah durian

Rasanya manis dan sedikit pahit

Aroma sedap tapi tidak terlalu menyengat

Warna kulit kekuningan

Daging buah memiliki banyak serat, lentur, namun tidak lembek

Durian Medan

Tidak kalah dengan Drurian Montong dan Durian Petruk, Durian Medan juga cukup populer di negara kita. Saat ini banyak sekali olahan makanan dan minuman dari Durian Medan, seperti Es Krim Durian, Sup Durian dan Pancake Durian. Berikut ini adalah beberapa ciri khas dari Durian Medan :

Ukuran lebih kecil daripada Durian Petruk

Rasanya manis dan legit

Kulit berwarna hijau

Aroma tidak terlalu tajam

Itulah tiga jenis durian paling populer di Indonesia. Jika Anda sudah membeli durian dan kebingungan untuk mengolahnya, Anda bisa mencoba resep-resep olahan durian di Endeus.tv berikut ini :

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.