Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Resep masakan yang dibuat dari tempe tidak akan ada habisnya. Tempe juga tidak hanya bisa digoreng, ada kreasi lainnya yang lebih menarik.

Tempe merupakan salah satu bahan masakan Indonesia yang terkenal dengan harganya terjangkau. Di Indonesia, tempe masih menjadi bahan yang murah tetapi di luar negeri harga tempe bisa 2x lipat dari harga di Indonesia. Makanan yang berasal dari hasil fermentasi biji kedelai ini banyak dijadikan sebagai bahan aneka masakan seperti tempe goreng.

Terkadang kita juga merasa bosan bila harus terus menyantap tempe yang digoreng, sesekali ingin mengkreasikan tempe menjadi masakan yang berbeda dan unik. Penasaran apa saja kreasi masakan dari bahan tempe, mari kita coba beberapa rekomendasinya di bawah ini.

1/ Bakso Tempe

Jika ENDEUSiast bosan dengan olahan tempe yang hanya digoreng maka bisa diubah menjadi masakan yang berkuah seperti bakso. Umumnya bakso dibuat dari bahan daging sapi maupun ikan. Namun kedua bahan tersebut tidaklah murah. Bila ENDEUSiast ingin menggunakan bahan yang hemat maka bisa menggantinya dengan tempe. Masakan unik ini bisa ENDEUSiast coba buat sendiri di rumah.

Untuk membuatnya sama dengan bakso pada umumnya, hanya saja bahannya diganti menjadi tempe. Sebelum dicampurkan ke dalam adonan, tempe dihaluskan terlebih dahulu. Bila ingin enak lagi, tambahkan mie dan pangsit sebagai pelengkapnya. Dijamin bisa menggoda selera ENDEUSiast.

2/ Sate Tempe

Ingin membuat sate sendiri tetapi tidak punya stock daging? Jangan khawatir. ENDEUSiast bisa menggantinya dengan menggunakan tempe. Selain harganya yang ekonomis, rasanya pun tidak kalah enak dari sate daging. Pertama, tempe dipotong menjadi bentuk dadu lalu campurkan ke dalam bumbu halus yang sudah disiapkan. Siapkan tusukan sate dan mulai masukkan satu persatu tempe ke dalam tusukan sate. Bakar sate tempe hingga matang.

Sembari dibakar, ENDEUSiast juga perlu mengoleskan bumbu kecap agar ada rasa manis pada tempe tersebut. Jika sudah matang, taburkan bawang goreng di atasnya dan sate tempe pun siap disajikan.

3/ Rolade Tempe

Masakan dari bahan tempe yang satu ini cocok bila dijadikan sebagai bekal. Pada umumnya, rolade terbuat dari bahan cacahan daging namun untuk sajian yang satu ini gunakan saja tempe yang sudah dikukus. Untuk memperkuat cita rasa dari rolade ini, tempe yangsudah dikukus tadi dicampurkan dengan bumbu baru diletakkan di atas telur dadar. ENDEUSiast juga bisa menambahkan aneka isian jika ingin lebih beragam. Gulung telur dadar tadi dan goreng hingga matang. Kini rolade tempe pun siap untuk ENDEUSiast santap.

Kreasi tempe lainnya yang bisa ENDEUSiast coba adalah burger tempe. Tertarik untuk membuatnya sekarang? Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya