Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sajian Turki terkenal sebagai salah satu sajian padat bumbu. Di antara beragam bumbu yang digunakan, dua bumbu berikut kerap hadir dalam hidangannya.

Sejak jaman dahulu, Turki sudah menjadi pusat perdagangan. Jika ENDEUSiast mengunjungi bazaar yang ada di Istanbul maka ENDEUSiast akan paham bagaimana bumbu dan rempah pada masakan Turki cukup terkenal. Di sepanjang lorong pasar ENDEUSiast akan menemukan aneka macam bumbu dan rempah dengan ciri tersendiri dan aromanya yang khas.

Sebenarnya untuk mencari bumbu dan rempah khas Turki tidak hanya ada di bazaar Istanbul, di setiap pasar tradisional maupun modern juga menjualnya. Salah satu bumbu yang banyak digunakan pada masakan khas Turki adalah salca. Itu menjadi kunci terciptanya masakan Turki yang lezat. Tanpa salca rasanya bukanlah masakan Turki. Jadi bagi ENDEUSiast yang tertarik dengan masakan Turki, lebih baik simak penjelasan tentang bumbu utama khas Turki ini.

Salca

Salca merupakan bumbu berbentuk pasta yang digunakan hampir disetiap masakan Turki. Terdiri dari 2 jenis yaitu biber salcasi yang terbuat dari cabai merah atau domates salcasi yang terbuat dari tomat. Namun yang paling banyak digunakan adalah jenis domates salcasi karena umumnya masyarakat Turki tidak menyukai masakan dengan citra rasa pedas.

Pada musim panas biasanya para ibu-ibu Turki khususnya yang berada di desa akan membuat salca sebagai persediaan bumbu dirumah. Bahan dan cara membuat salca sebenarnya cukup mudah. Pertama-tama, ENDEUSiast harus merebus tomat terlebih dahulu lalu dikupas kulitnya. Setelah itu, blender tomat hingga halus. Jangan lupa untuk menyaring bijinya.

Tomat yang sudah disaring lalu dijemur hingga tidak ada sisa air pada tomat tersebut. ENDEUSiast bisa menambahkan garam secukupnya. Penambahan garam ini sesuai dengan selera. Setelah itu tambahkan minyak zaitun atau minyak sayur barulah masukkan ke dalam toples. Sebelum toples ditutup, tuang kembali minyak secukupnya. Penggunaan minyak ini bertujuan untuk mengawetkan salca agar bisa tahan lama.

Salah satu masakan khas Turki yang menggunakan bumbu salca adalah iskender kebab . Pada makanan tersebut akan disiram menggunakan bumbu salca . Warnanya memang berwarna merah tetapi rasanya tidak cukup bisa menggugah bagi yang menyukai pedas. di Indonesia memang cukup sulit untuk menemukan salca , tetapi ENDEUSiast bisa menggantinya dengan pasta tomat lainnya yang bisa ENDEUSiast temukan di swalayan.

Lada Urfa

Selain salca, ada juga lada urfa yang banyak digunakan pada masakan kofte , salad hingga sup. Bumbu yang satu ini memiliki rasa yang unik yaitu dengan pencampuran antara rasa cokelat dan kismis dengan diberikan sedikit tambahan rasa asap.

Demikianlah pembahasan tentang bumbu yang biasanya ada pada masakan Turki. Semoga dapat bermanfaat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.