Bakmi atau mie di Indonesia ada beraneka ragam dan memiliki cita rasa yang khas. Apakah anda penasaran? Kenali dulu daftarnya.

Indonesia memiliki banyak jenis makanan, salah satunya bakmi atau mie. Hidangan ini umum dan fleksibel untuk disantap kapan saja, baik pagi, siang, atau malam. Jenis makanan ini memiliki berbagai varian dan ragam yang khas dari ujung barat sampai ujung timur. Sebagai penikmat, anda dapat menemukan aneka olahan bakmi yang lezat dimanapun.

Berikut ini, adalah beraneka jenis bakmi nusantara yang familiar dan terkenal.

1/ Bakmi Jawa

Olahan asal Yogyakarta ini ada dua varian yaitu goreng dan godhok (rebus). Ia disajikan menggunakan campuran mie putih dan kuning bersama ayam kampung dan telur bebek serta sayuran.

2/ Soto Mie

Asalnya dari Betawi namun Bogor lebih terkenal sebagai penikmatnya. Soto mie merupakan mie kuah kaldu dengan pelengkap jeroan, kentang, irisan tomat, telur ayam , tauge, dan risol bihun.

3/ Bakmie Ongklok

Mie kuning khas Wonosobo ini disajikan dengan kuah cokelat yang kental dan lengket, beserta irisan kol dan koya di atasnya. Sate sapi, tempe kemul, dan keripik tahu menjadi pelengkap sajian ini.

4/ Mie Celor

Mie celor asal Palembang hadir dengan kuah santan yang berbau udang rebon. Tauge, telur rebus, daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng menjadi isiannya.

5/ Bakmie Pangsit

Nama lainnya adalah cwie mie, hanya dibumbui garam, merica, dan minyak gorengan ayam. Untuk isiannya ada sawi atau selada, ayam cincang, bawang goreng, bawang daun, dan kerupuk pangsit.

6/ Mie Aceh

Mie ini terkenal karena pekatnya rasa rempah yang digunakan, serta rasa pedas yang tidak nanggung. Biasanya ia disajikan dengan acar dan melinjo sebagai pelengkap.

7/ Mie Kocok

Mie asal Bandung ini menggunakan mie lebar dengan tauge mentah, sawi, dan kikil sebagai tambahan. Mie ini dikocok seperti namanya menggunakan alat khusus. Terkadang bakso sapi juga disajikan bersama mie.

8/ Mie Koba

Mie ini memiliki kuah encer berwarna kecoklatan yang pekat dengan rasa kaldu ikan tenggiri yang memang jadi highlight.

9/ Bakmi Tiaw

Mie asal Pontianak ini tersedia dalam dua pilihan yaitu siram dan goreng. Pelengkapnya ada daging sapi, jeroan babat, telur, sawi, dan tauge.

10/ Mie Gomak

Gomak asal Batak biasa diolah menjadi mie goreng atau mie kuah pedas yang dimasak bersama merica andaliman khas Sumatera Utara.

11/ Mie Koclok

Mie koclok asal Cirebon ini memiliki kuah santan dengan bau kaldu ayam , ditambah suiran ayam, kol, tauge, dan irisan telur.

12/ Mie Cakalang

Mie dengan kuah bening ini memang terbuat dari kaldu cakalang. Ia dilengkapi irisan ikan cakalang, sawi, tahu goreng yang dipotong, dan irisan cabai rawit.

Itulah aneka bakmi Indonesia dan masih banyak lagi jenisnya. Tentu semuanya memiliki rasa nikmat dan membuat ketagihan. Tertarik mencoba semuanya?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.