10 Variasi Resep Ayam Bakar Mantap Menggugah Selera, Wajib Dicoba
10 Variasi Resep Ayam Bakar Mantap Menggugah Selera, Wajib Dicoba

10 Resep Variasi Ayam Bakar

Resep ayam bakar ini tak perlu diragukan lagi cita rasanya karena sudah diuji coba di dapur Endeus. Cocok banget disajikan dengan nasi panas!

10 resep variasi ayam bakar ini selalu punya tempat sendiri di hati. Rasanya pun bisa dipilih, mau yang cenderung asin, gurih, manis atau pedas kembali pada selera penikmatnya. Yang pasti, kelezatan ayam bakar ini tak akan pernah ditinggalkan meski telah banyak bermunculan resep ayam bakar kekinian.

Bumbunya yang nikmat, dibakar hingga meresap ke dalam daging ayam nikmat sekali dimakan dengan nasi. Supaya bisa buat di rumah, inilah 10 resep variasi ayam bakar yang nikmatnya selangit!

1/ Resep Ayam Bakar Padang

Siapa yang tak asing dengan ayam bakar Padang? Ayam Bakar Padang menjadi salah satu ayam bakar yang sering disantap karena mudah ditemukan. Cita rasa pedas dengam bumbu khas Padang yang kaya rempah membuatnya tak bosan untuk disantap. Rahasia kelezatan ayam bakar Padang terletak dari bumbu halus yang digunakan untuk mengungkep dan menjadi bahan olesan saat dibakar ayam.

Bumbu rempah yang harus digunakan adalah jahe, lengkuas, kunyit, kari bubuk dan yang tak boleh ketinggalan adalah daun kunyitnya. Ungkep ayam dengan bumbu halus, santan dan air kelapa menggunakan api kecil hingga bumbu menyerap. Setelah itu tinggal bakar di atas pan bergerigi atau di atas arang sambil dioles dengan sisa bumbu.

2/ Resep Ayam Bakar Kecap

Selain rasa ayam bakar yang pedas dan gurih, rasa Ayam Bakar Kecap yang manis juga punya banyak penggemar. Untuk membuatnya, kita harus menyediakan bumbu yang diiris kasar seperti cabai rawit merah, bawang merah dan bawang putih. Agar bumbu kecap yang manis dan gurihnya meresap, kerat-kerat bagian ayam.

Jangan lupa sebelum dimasak ayamnya dimarinasi dengan perasan jeruk nipis dan garam agar daging ayamnya sendiri juga punya rasa. Sama seperti ayam bakar padang, ayam bakar kecap juga diungkep dengan bumbu irisnya sampai meresap, kemudian dibakar sambil diolesi bumbu.

3/ Resep Ayam Bakar Cola

Ayam bakar dimasak dengan cola, apa rasanya? Meskipun terdengar asing, Ayam Bakar Cola justru cocok di lidah orang Indonesia, lho. Ada rasa cola yang manis dipadu dengan rempah seperti kayu manis, pekak dan jahe olahan ayam bakar ini justru sukses menggoyang lidah.

Kenikmatan Ayam Bakar Cola ini ditambah dengan bahan pelengkapnya yang berupa daun ketumbar, cabai rawit iris dan daun jeruk iris. Jadi rasanya tak hanya manis, tapi ada gurih, pedas dan asamnya. Jadi ingin buat Ayam Bakar Cola di rumah, kan?

4/ Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Bumbu rujak rupanya tak hanya bisa dinikmati dengan buah-buahan, dengan rasa yang sama, ENDEUSiast juga bisa menikmatinya lewat sepotong Ayam Bakar Rujak . Perbedaan bumbu rujak yang digunakan ada pada pengurangan kacang tanah saja. Tetapi bahan seperti asam jawa, gula jawa dan pedas dari cabainya tetap bisa terasa.

Ayam Bakar Bumbu Rujak ini juga kaya bumbu, lho. Dengan bumbu yang banyak ini, menikmati ayam bakar satu ini cukup dengan sepiring nasi hangat dan lalapan saja. Tak perlu lagi menambah rasa manis dengan kecap atau pedas dari sambal.

5/ Resep Sayap Ayam Bakar Madu

Bagi ENDEUSiast pecinta chicken wings , wajib banget mencoba Sayap Ayam Bakar Madu ala Endeus! Berbeda dengan ayam bakar khas Indonesia, bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat bumbu madunya terdiri dari kecap madu, jahe parut, kecap inggis, kecap manis, bawang putih dan minyak wijen. Jadi, saat digigit, rasanya cenderung manis, sedikit pedas dari jahe dan bawang putih juga savoury karena menggunakan minyak wijen.

Resep Sayap Ayam Bakar Madu ini cocok untuk dijadikan camilan saat menonton atau lauk anak-anak karena rasanya manis dan tidak ada pedasnya. Disajikan dengan nasi hangat atau keripik kentang, makin nendang!

6/ Resep Ayam Bakar Saus Kemiri

Jika mau menikmati ayam bakar yang tak terlalu berlemak, tapi saat dimakan tidak sepah , Ayam Bakar Saus Kemiri ini cocok banget untuk dimasak. Ayam bakar ini dibuat dengan fillet dada ayam yang tidak terlalu berlemak. Bumbu yang digunakan adalah madu, bawang putih, daun bawang dan cabai bubuk kasar. Melengkapi kelezatan ayam bakarnya, saus kemiri hadir dengan cita rasa pedas, segar dan kaya rempah.

Agar mudah menikmatinya, ayam bakar saus kemiri bisa diiris melintang dengan tebal 1 cm. Sajikan ayam selagi hangat, jangan lupa siram dengan saus kemirinya. Hati-hati, ayam bakar ini rasanya benar-benar membuat mabuk kepayang!

7/ Resep Ayam Bakar Saus Barbeque

Pecinta saus barbeque wajib banget mencicipi Ayam Bakar Saus Barbeque ini, nih! Bagian ayam yang digunakan hanya paha atas aja, sehingga ayamnya sangat juicy dan gurih. Sebelum diolah, ayam dimarinasi dengan merica, garam dan air jeruk lemon lalu didiamkan selama 15 menit.

Saus barbequenya kita racik sendiri dengan mencampur saus tomat, kecap inggris, gula palem, madu, cuka dan jintan. Setelah sausnya jadi, tinggal marinasi ayam di dalamnya hingga 1 jam. Baru kita bakar ayam di atas bara api hingga matang. Jangan lupa disajikan bersama pelengkap agar makin menggugah selera.

8/ Resep Ayam Bakar Cabai Tumbuk

Memasak Ayam Bakar Cabai Tumbuk ini kita cukup memotong 1 ekor ayam 4 bagian. Bahan-bahan untuk bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, cabai, jahe dan kunyit bakarnya cukup ditumbuk kasar saja. Ayamnya lalu diungkep dengan bumbu yang ditumbuk kasar tadi. Setelah itu bakar sambil sesekali dioles sisa bumbu.

Untuk penyajian Ayam Bakar Cabai Tumbuk sajikan dengan irisan cabai. Rasa pedas cabainya langsung meningkat hingga membuat tambah nasi terus. Jangan lupa sajikan dengan lalapan supaya makin enak, ya.

9/ Resep Sayap Ayam Bakar Pedas

Satu lagi resep untuk pecinta chicken wings yakni Sayap Ayam Bakar Pedas ini . Kali ini sayap ayamnya kita bumbui dengan bumbu pedas yang terbuat dari campuran saus tiram, saus tomat, saus sambal dan kecap manis. Untuk menambah rasa pedasnya, kita juga menambahkan bumbu halus yang terbuat dari jahe, bawang putih, cabai rawit merah dan merica bubuk hitam.

Membuat resep ayam bakar satu ini tak perlu dibakar di atas bara, cukup dengan pan bergerigi jadi lebih praktis. Jangan lupa diolesi dengan sisa bumbu biar makin meresap! Karena ukuran sayap ayam yang kecil dan bumbu-bumbunya yang mudah gosong, perhatikan waktu memasak dan api supaya matangnya pas dan tidak gosong, ya.

10/ Resep Semur Paha Ayam Bakar

Ayam bakar satu ini berbeda dengan ayam bakar lainnya. Semur Paha Ayam Bakar ini awalnya dimasak seperti semur ayam biasanya. Setelah dimasak seperti semur selama 15-20 menit. Ayam lalu diangkat.

Sebelum dibakar, paha ayam diolesi dengan margarin agar tidak lengket dan lebih gurih. Bakar di atas bara api hingga kecokelatan dan beraroma. Ada bumbu semur yang masih tersisa, tinggal kita tuang di atas ayam bakarnya lalu sajikan.

Itulah 10 variasi resep ayam bakar yang punya cita rasa nikmat masing-masing. Sekarang, kembali pada ENDEUSiast yang ingin memasak ayam bakar dengan cita rasa yang mana. Selamat mencoba!

amadea hasmirna